Visi SD Negeri Kedaung Sawangan Kota Depok dirumuskan sebagai berikut.
“UNGGUL DALAM PRESTASI BERKARAKTER SERTA BERWAWASAN LINGKUNGAN”
Pada kalimat visi tersebut terdapat beberapa kata esensial yang perlu mendapat kejelasan, yaitu:
Unggul adalah suatu kelebihan atau keutamaan.
Indikator unggul adalah unggul dalam prestasi akademik dan non akademik. Unggul dalam prestasi akademik dengan mengikuti Lomba-Lomba Pendidikan Tingkat Kecamatan dan Kota hingga tingkat Nasional
Berkarakter dapat diartikan memiliki watak dan kepribadian.
Indikator berkarakter pada SD Negeri Kedaung adalah membentuk generasi yang berkarakter (5 karakter berdasarkan Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti ). Religius, Nasionalis, Integritas, Mandiri, Gotong royong.
Berwawasan lingkungan adalah pembangunan yang mengoptimalkan sumber daya alam dan sumber daya manusia dengan cara menserasikan aktivitas manusia dengan kemampuan sumber daya alam untuk menopangnya.
Indikator berwawasan lingkungan di SD Negeri Kedaung menjadikan sekolah yang asri, hijau, bersih, nyaman sehingga dapat ikut serta dalam program Sekolah Adiwiyata tingkat Propinsi Jawa Barat.
Untuk mewujudkan visi tersebut, diperlukan misi sebagai berikut :
Tujuan Umum
Sesuai dengan tujuan sekolah menengah sekolah ini menetapkan tujuan umum yaitu meningkatkan keunggulan potensi dan prestasi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Tujuan Khusus
No. |
Standar Nasional |
Target Kompetensi Satuan Pendidikan |
Sumber Daya Utama |
|
SIKAP |
||
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap:
|
Setiap siswa berkompeten dalam:
|
Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang agamis, berkarakter, sehat, pembelajar, dan berperan menjadi teladaan. |
|
PENGETAHUAN |
||
|
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berkenaan dengan: 1. ilmu pengetahuan, 2. teknologi, 3. seni, 4. budaya, Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, serta kawasan regional . |
Menguasai pengetahuan faktual, koseptual, prosedural, dan meta- kognitif berkaitan:
|
|
|
KETERAMPILAN |
||
|
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak:
|
Siswa terampil berpikir
Siswa terampil bertindak
|
Guru terampil merumuskan kompetensi tentang penguasaan dan penerapan ilmu pengetahuan. Satuan pendidikan memfasilitasi siswa mengembangkan keterampilan bertindak.
|
Indikator kompetensi lulusan tingkat satuan pendidikan dijabarkan dari dalam berbagai inidator berikut:
No. |
Kompetensi Spiritual |
Indikator Pencapaian Sikap Spiritual |
|
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya |
|
Menerima kehidupan sebagai anugrah. |
|
Mesyukuri nikmat kehidupan sebagai bentuk kasih sayang Allah. |
||
|
Melaksanakan aktivitas hidup yang diperintahkan Allah |
||
|
Menghidari perbutan (yang dilarang Allah) |
||
|
Berbuat baik demi kemaslahatan bersama. |
||
|
Mematuhi peraturan. |
||
|
Berbuat ikhlas. |
||
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
|
Bersikap jujur |
|
Berdisiplin dalam mematuhi peraturan |
||
|
Bertanggung jawab dengan melaksanakan tugas dengan baik |
||
|
Bekerja sama untuk kebaikan umum |
||
|
Menghormati hak orang lain. |
||
|
Santun dalam bertindak. |
||
|
Menolong teman yang sedang dalam kesulitan |
||
|
Menunjukkan daya insiatif |
||
|
Proaktif dalam membangun solusi |
||
|
Antisiatif untuk mencegah timbulnya resiko buruk |
||
|
Giat bekerja sama |
||
|
Berkomunikasi dengan rendah hati |
||
|
Bersikap tegas menolak keburukan... |
||
|
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural, dan metakonitif) tentang iptek, seni, budaya dan humaniora serta peradaban |
|
Menganalisis pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural, dan metakonitif) tentang iptek, seni, budaya, humaniora serta peradaban |
||
|
Berpikir kritis terhadap penyebab fenomena dan kejadian. |
||
|
Memaham cara menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural, dan metakonitif) tentang iptek, seni, budaya, humaniora, serta peradaban. |
||
|
Mampu memecahkan masalah dengan dilandasi pengetahuan yang dikuasinya. |
||
|
Melaksanakan pengkajian spesifik pada bidang yang diminati serta sesuai dengan kebakatannya. |
||
|
Berpikir kritis, ilmiah, kreatif, inovatif, produktf, kolaboratif. |
||
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
|
Mengolah fakta, data, dan informasi |
|
Mengintegrasikan fakta, data, dan informasi dalam merumuskan kesimpulan. |
||
|
Mengembangkan keterampilan berpikir dengan menggunakan pengetahuan yang dipelajarinya di sekolah. |
||
|
Mengembangkan karya secara mandiri dengan modal pengetahuan yang dipelajarinya. |
||
|
Mengembangkan kreasi dalam menciptakan hal-hal baru. |
||
|
Menerapkan motode atau prosedur sesuai dengan kaidah keilmuan. |
||
|
Menggunakan pikiran pada ranah abstrak menjadi karya cipta yang bermanfaat. |
||
|
Mengkomunikasi hasil karya secara efektif |
||
|
Mendayagunakan teknologi informasi dan komunikasi |
||
|
|
|
Menggunakan bahasa asing |